Kamis, 10 April 2014

Pilkada Tabalong Empat Calon Bersaing Ketat

Sebanyak empat pasangan calon bupati-wakil bupati mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) untuk mengikuti pemilihan kepala daerah (Pilkada) Tabalong di Kalimantan Selatan. Salah satu pasangan calon berasal dari non parlemen atau independen. Jumat (23/8) adalah batas akhir pendaftaran peserta Pilkada di KPUD Tabalong. Tercatat ada empat pasangan calon yang akan bersaing merebut simpati masyarakat untuk menjadi Bupati dan Wakil Bupati periode 2013-2018.

Keempat pasangan tersebut adalah Muchlis yang kini menjabat Wakil Bupati Tabalong berpasangan dengan Noor Farida seorang pengusaha. Pasangan yang diberi nama Muda tersebut diusung Partai Hanura dan Gerindra. Kemudian pasangan Ariffin Noor yang kini menjabat Kepala Bappeda Tabalong berpasangan dengan Abdel Fadillah, Sekda Tabalong. Pasangan ini berjuluk Pasangan Arafah yang didukung empat parpol besar, yakni Partai Pembangunan Persatuan (PPP), Golongan Karya (Golkar), Partai Keadilan Sejahtera, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Pasangan lainnya adalah pasangan berjuluk Annor atau Anang Syachfiani (Kepala BLHD Hulu Sungai Selatan) berpasangan dengan Zony Alfiannor. Pasangan ini diusung Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bintang Reformasi (PBR) dan Partai Bulan Bintang (PBB). Ketiga pasangan ini mendaftar di KPUD Tabalong pada Kamis (22/8). Sedangkan kandidat lain Bupati-Wakil Bupati Tabalong adalah pasangan Hasruddin-Hasbullah yang berasal dari independen. Pasangan ini mendaftar pada Jumat (23/8) ke KPUD Tabalong

Penetapan nomor urut pasangan Calon bupati dan Wakil Bupati pada Pilkada Kabupaten Tabalong 2013 yang digelar di Hotel Aston Tanjung pada Kamis (03/10/2013) selain dihadiri oleh KPU Kabupaten setempat, juga dihadiri oleh Pasangan calon, KPU, Bawaslu Kalsel serta KPU Kabupaten/Kota Se-Kalimantan Selatan. Utusan KPU Kabupaten Tanah Laut yang menghadiri undangan ini terdiri dari Akhmad Rozi, s.Sos, M.Si (Divisi Hukum), Rahmatullah SE (Divisi Teknis Penyelenggaraan), Drs H. Suriansyah (Plh Sekretaris dan Abdul Haliq (Staf Subbag Umum)

Dalam acara rapat pleno yang bersifat terbuka tersebut ditetapkan empat pasangan calon bupati dan wakil bupati yakni Anang Syakhfiani – Zony Alfianoor (AN NOOR), Arifin Noor – Abdel Fadillah (ARAFAH), Muchlis – Noor Farida (MUDA) dan Hasruddin Haji Hasbullah – Muchtar Yahya Daud (HAM). Dari hasil pengundian, pasangan AN NOOR mendapatkan nomor urut satu diikuti pasangan ARAFAH dengan nomor urut dua. Pasangan MUDA dan HAM masing-masing mendapatkan nomor urut 3 dan 4 sebagai pasangan calon bupati dan wakil bupati Tabalong.

Pengambilan undian dilakukan dengan cara mengambil nomor urut yang dimasukkan dalam empat buah butah (tas punggung khas Tabalong). Menurut Plh Sekretaris KPU Kabupaten Tanah Laut, H. Suriansyah, S.Sos, kehadiran perwakilan dari KPU Kabupaten Tanah Laut selain karena mendapatkan undangan secara resmi juga sebagai bentuk dukungan moril atas kinerja sesama penyelenggara di wilayah Provinsi Kalimatan Selatan. "Kita juga bisa belajar dari kelebihan dan kekurangan yang ada." Ujarnya.

0 komentar:

Posting Komentar